Anugerah Allah bagi bangsa Indonesia


"Atas berkat rahmat Allah Yang Mahakuasa ...." Tentu kita tidak asing dengan penggalan kalimat ini. Penggalan kalimat ini berasal dari alinea ke-3 pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Alinea ke-3 UUD 1945 berbicara mengenai salah satu alasan mengapa bangsa ini menyatakan kemerdekaannya. Dicantumkannya pernyataan ini di dalam pembukaan UUD 1945 menunjukkan bahwa bangsa ini berdiri karena adanya campur tangan Allah di dalamnya. Keberadaan bangsa Indonesia bukan terjadi secara kebetulan, tetapi melalui sebuah proses sejarah yang panjang, dan itu terjadi tentu karena campur tangan Allah di dalamnya. 

Allah yang kita sembah adalah Allah yang bekerja dalam sejarah kehidupan setiap bangsa. Dia mempunyai rancangan untuk masing-masing bangsa, termasuk bangsa Indonesia. Dia memberkati bangsa Indonesia dengan negeri yang berlimpah kekayaan alamnya: tanah yang subur, tanah yang menyimpan berbagai kekayaan tambang dan mineral, keaneka ragaman hayati, hutan tropis, dan sebagainya. Tidak banyak negara di dunia ini yang memiliki kekayaan alam yang demikian berlimpah. Demikian juga bangsa Indonesia diberkati dengan keaneka ragaman budaya dari berbagai suku yang membentuk bangsa yang besar (nomor 4 di dunia). 

Bukan secara kebetulan kita dilahirkan sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Kita harus bersyukur dilahirkan sebagai bangsa Indonesia. Tidak selayaknya kita ikut-ikutan mencela bangsa kita sendiri. Banyak orang yang mengaku sebagai bangsa Indonesia tetapi setiap kali berbicara tentang bangsanya atau negerinya selalu mengatakan hal-hal yang negatif. Kita harus mencintai bangsa kita sendiri. Sebab di negeri ini kita dilahirkan dan di negeri ini juga kita akan dikuburkan. Kita harus mencintainya sebagai rumah kita sendiri. Jika kita mencintai dan menghargai bangsa dan negeri kita, maka kita menghargai juga Allah yang menciptakan bangsa ini dan yang juga mencintai bangsa ini.


Bangsa Indonesia adalah bangsa di mana Allah telah menempatkan kita menjadi bagiannya. Marilah kita bersyukur untuk setiap anugerah yang Allah berikan kepada bangsa kita.


Dikutip dari :

m.giadrcipto.org
Bagikan :
+
Previous
This is the oldest page
0 Komentar untuk "Anugerah Allah bagi bangsa Indonesia"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top